Sabtu, 08 Februari 2020

9 Cara Menyingkirkan Pikiran Negatif Di Otak Kita

Hal hal negatif yang kita pikirkan tentu kuat terhadap tindakan yang kita lakukan. Pemikiran negatif tentu akan menguras tenaga dan pikiran yang sebetulnya tidak perlu kita lakukan, anutan negatif akan menciptakan kita merasa cemas, was was, khawatir, ketakutan berlebihan bahkan terhadap sesuatu yang belum terjadi. Pemikiran negatif yaitu anutan yang mengganggu, gambaran-gambaran atau ide-ide yang buruk namun menghantui, bersifat menyusahkan, dan sulit diatur sehingga kita tidak merasa bebas dan menghambat anutan kita untuk berpikir lebih realistis, rasional, berpikir kasatmata dan terbuka.

Pemikiran yang mengganggu tersebut umumnya berupa bunyi hati dan gambaran-gambaran yang bersifat curiga, menuduh, menghujat, menghakimi, ketakutan, kecemasan dan memvonis. Menurut beberapa pakar medis megungkapkan bahwa anutan negatif akut dan sanggup dihubungkan dengan obsessive-compulsive disorder/OCD (gangguan berupa anutan irrasional dan penuh kecurigaan) atau rasa murung sehingga kadang kadang disertai dengan tekanan pikiran, menyalahkan diri sendiri, orang lain tidak secara rasional, mengomel ngomel sendiri dan depresi.

Hal hal negatif yang kita pikirkan tentu kuat terhadap tindakan yang kita lakukan 9 Cara Menyingkirkan Pikiran Negatif Di Otak Kita

Banyak cara yang sanggup dilakukan untuk menyingkirkan pikiran negatif dalam otak kita, dan kita akan membahas sedikit perihal bagaimana cara menyingkirkan hal hal negatif tersebut dalam pikiran kita. Dan berikut yaitu cara menyingkirkan pikiran negatif dalam diri kita:

Membuang Hal Negatif Di Pikiran

Jangan terlalu banyak melamunkan sesuatu
Melamun yaitu hal yang masuk akal dilakukan seseorang, namun kalau kita terlalu sering melamunkan sesuatu maka hal hal negatif sanggup timbul dalam pikiran kita. Terutama kalau kita sedang mempunyai persoalan dalam hidup, jangan membiasakan diri untuk melongo sendirian.  hal ini memang terlihat sepele, namun bagaimanapun juga ini yaitu sebuah kebiasaan sehingga apabila kita mendapatkan persoalan yang kecil saja, niscaya akan cenderung melongo dan berfikir yang buruk melebihi persoalan yang dihadapi, lantaran semua sudah menjadi kebiasaan.

Berpikir lebih terbuka
Suka memendam sesuatu hal juga sering mengakibatkan pikiran negatif dalam diri kita. Membicarakan suatu persoalan dengan pasangan atau orang terdekat menyerupai dengan keluarga merupakan solusi yang baik utuk menyingkirkan pikiran negatif.

Buang kecemasan, ketakutan atau kekhawatiran terhadap suatu hal
Rasa cemas, takut, was was dan khawatir merupakan hal utama yang sering menciptakan seseorang berpikir negatif akan suatu hal. Selalu berpikir kasatmata bahwa semua hal yang anda takutkan, khawatirkan belum tentu terjadi pada diri anda.

Bersosial
Sesorang yang pemurung, pelamun dan sering memendam perasaan mereka seringkali disebabkan lantaran mereka kurang bergaul atau kurang bersosialisasi dengan orang orang disekitar mereka. Melakukan banyak hal yang kasatmata dan bersosialisasi dengan banyak orang atau orang orang disekitar anda akan membantu anda berpikir lebih terbuka. Dengan bersosial dan melaksanakan banyak acara kasatmata dalam hidup juga memperkecil peluang atau tidak ada waktu untuk melamunkan hal hal negatif.

Hilangkan penyakit hati dalam diri anda
Penyakit penyakit hati menyerupai iri, dengki, berburuk sangka kepada orang lain, tidak suka melihat kebahagiaan orang lain lain juga seringkali mengakibatkan kita kita sanggup berpikir positif. Apabila anda seorang muslim, niscaya kita semua tahu Suudzon yang diartikan sebagai berburuk sangka terhadap sesuatu yang belum niscaya akan kebenarannya, baik itu kepada diri sendiri, kepada orang lain, maupun kepada Allah SWT. Ingatlah hal ini yaitu salah satu yang diharamkan sehingga mari kita   renungkan dan rasakan, supaya kita juga terhindar dari dosa, selain itu kalau kita selalu berfikir kasatmata atau sebisa mungkin menghindari pikiran negatif balasannya kita sendiri yang akan menikmati.

Percaya diri dan hargai diri anda sendiri
Seringkali pikiran negatif timbul saat kita pernah gagal sehingga mengakibatkan putus asa, rendah diri dan rasa pesimis. Setiap orang niscaya diciptakan mempunyai kelebihan dan kekurangan, sehingga jangan pernah menganggap diri anda rendah dari orang lain. Hargailah diri kita sendiri dan percaya diri, jangan remehkan diri kita sendiri, mari kita besarkan hati kita selama tidak mengakibatkan perilaku sombong dan angkuh. Degan percaya pada diri dan menghargai diri anda merupakan cara efektif untuk menyingkirkan pikiran negatif dalam diri.

Mensyukuri hidup
Pikiran negatif juga sanggup timbul akhir kita kurang bersyukur. Kita selalu merasa kurang, tidak menyukai kalau orang lain lebih sukses dan menganngap apa yang kita dapatkan selalu kurang. Syukuri hidup kita dan jadilah diri kita sendiri, syukuri apa yang kita miliki sekarang, sadarilah niscaya masih banyak orang lain yang lebih kurang beruntung dari kita. Lihatlah sesuatu dari hal yang positif, lihatlah kebawah bahwa kita lebih beruntung dari mereka dan lihatlah keatas untuk selalu memotivasi diri anda bukan untuk iri dengan mereka yang lebih sukses dari kita.

Selalu berpikir positif
Ya untuk melawan pikiran negatif maka biasakan untuk berpikir positif. Mulailah dari hal terkecil untuk membiasakan diri anda berpikir positif, dan kalau pikiran kita selalu terbiasa berpikiran kasatmata maka hal itu akan menjadi kebiasaan yang baik.

Dekatkan diri kepada Tuhan
Selalu menyadari bahwa kita yaitu insan biasa yang selalu banyak mempunyai kesalahan, kekeliruan dan kekhilafan. Menyadari hal ini maka dekatkan diri kita kepada Tuhan, berdoa dan meminta petunjuk-Nya supaya kita terbebas dari pikiran pikiran negatif yang merugikan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog