Senin, 19 Oktober 2020

Alternatif Berpakaian Pada Saat Wawancara Kerja

Bayangkan saat anda bangun tidur dan menatap plafon rumah anda, kemudian anda mendapat pemberitahuan untuk melanjutkan lamaran kerja anda ke tahap interview. Pasti senang sekali bukan? Setelah anda memikirkan penguasaan materi pekerjaan yang anda lamar, alasan keluar dari perusahaan sebelumnya, sampai gaji berapa yang anda harapkan, hal lain yang harus dipersiapkan adalah baju atau dresscode.


Ada beberapa HRD yang meminta anda untuk memakai dresscode tertentu, ada pula yang tidak memberikan arahan khusus, yang terpenting bajunya sopan dan sesuai dengan kondisi interview perusahaan tersebut. Hal ini yang kadang membuat bingung para peserta interview. Baju seperti apakah yang harus saya pakai? Apakah harus formal hitam dan putih? Apakah kemeja kasual biasa, atau bahkan kaos?. Berikut ini adalah beberapa opsi berpakaian pada saat anda mendatangi wawancara kerja ke perusahaan.

1.     Pakaian Formal

Untuk pakaian formal anda dapat menggunakan kemeja, celana bahan dan sepatu pantofel. Ini adalah pakaian yang sangat umum dipakai pada saat wawancara kerja. Apabila perusahaan yang anda datangi tidak mensyaratkan pakaian tertentu, memakai baju formal sangat cocok di hampir semua kondisi wawancara. Pakaian ini akan memberikan anda kesan akan taat peraturan, dan siap untuk bekerja.   

2.     Semi Formal

Pakaian semi formal adalah pakaian yang masih terlihat formal akan tetapi memberikan kesan lebih santaii dan fleksibel. Untuk pakaian ini anda dapat memadukan kemeja motif atau denim dengan celana berwarna dasar gelap, dengan sepatu pantofel, atau sepatu biasa.

3.     Kasual

Untuk memakai pakaian casual anda perlu meyakinkan dahulu bahwa perusahaan yang akan anda datangi memang memiliki budaya berpakaian yang santai. Akan tetapi pakain kasual tetap memiliki beberapa standard tertentu. Pakaian kasual lebih bebas dari pada 2 jenis berpakaian sebelumnya. Anda dapat menggunakan kemeja motif atau denim, celana bahan, jeans atau chino dengan warna dasar gelap, juga sepatu kets yang tidak mencolok.

Untuk pakaian formal anda dapat memasukkan baju anda kedalam celana dan jangan lupa untuk memakai ikat pinggang. Memasukkan baju tanpa memakai ikat pinggang akan memberikan kesan tidak rapih. Akan tetapi hindari memasukkan baju pada pakaian semi formal dan kasual. Anda juga tidak perlu ragu untuk bertanya kepada HRD (Human Resource Department) terhadap boleh atau tidaknya tindakan yang akan anda ambil.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog