Selasa, 20 April 2021

Daftar Makanan yang Wajib Hadir dalam Pernikahan dengan Adat Sunda

Ketika mengusung adat Sunda untuk rencana nikah di wedding venue di Bandung, Anda dan pasangan tentunya bakal memikirkan menu yang sesuai dengan konsep acara. Vendor katering yang ditunjuk untuk mengurus makanan dan minuman biasanya akan menawarkan paket yang bisa dipilih calon pengantin. Namun, kekayaan kuliner khas Sunda kadang membuat orang bingung menentukan set menu seperti apa yang ingin disajikan.

Sebagai rekomendasi, berikut beberapa makanan khas Tanah Parahyangan yang sebaiknya tak Anda lewatkan untuk resepsi pernikahan!

 

     Nasi tutug oncom

Oncom merupakan produk fermentasi yang terbuat dari ampas bungkil kacang tanah, tahu, kedelai, atau kelapa yang diproses hingga tahap spora. Walau tampilannya sekilas kurang menggairahkan, oncom yang diolah dengan tepat bakal menghasilkan hidangan nikmat. Termasuk nasi tutug oncom yang belakangan semakin sulit dicari, bahkan di restoran khas Sunda.

 

     Gepuk sapi

Anda yang senang menyantap makanan Sunda pasti familier dengan gepuk sapi. Kombinasi rasa manis dengan gurih yang ditawarkan olahan daging sapi ini paling nikmat disantap bersama nasi panas dan sambal. Menyajikannya di resepsi pernikahan pun dijamin akan membuat tamu yang datang kenyang dibuatnya.

 

     Sayur asem

Kuliner khas Sunda pun kaya akan macam-macam sayur, sebut saja sayur asem. Hidangan ini dapat dimakan dengan nasi hangat saja atau lauk lainnya seperti gepuk atau pindang balado. Salah satu alasan yang membuat sayur asem masih digemari sampai sekarang adalah kuahnya yang gurih sekaligus menyegarkan.

 

     Ayam goreng bumbu lengkuas

Simpel tetapi disukai adalah alasan ayam goreng bumbu lengkuas bakal cepat ludes saat Anda masukkan ke dalam menu resepsi pernikahan. Sekilas, penyajiannya memang menyerupai ayam kremes yang sedang tren. Akan tetapi, ayam goreng bumbu lengkuas mempunyai cita rasa yang lebih karya berkat pemakaian rempah seperti daun jeruk dan lengkuas.

 

     Karedok

Banyak orang yang masih menyamakan karedok dengan lotek, padahal keduanya mempunyai sejumlah perbedaan. Untuk membuat karedok, Anda harus memakai bahan-bahan seperti taoge, kol, mentimun, kacang panjang, ubi, serta kemangi yang kemudian disiram kuah kacang. Karedok bisa disajikan sebagai menu alternatif untuk tamu yang tak ingin menyantap makanan terlalu berat.

 

     Peuyeum dan dodol

Seperti oncom, peuyeum termasuk produk fermentasi, hanya saja terbuat dari singkong. Selain bisa dikonsumsi sendiri, peuyeum juga enak disantap bersama es krim vanili. Camilan tradisional lainnya yang dapat Anda masukkan ke dalam menu adalah dodol. Tekstur kenyal yang berpadu dengan rasanya yang manis membuat penganan ini disukai banyak kalangan.

Beberapa pilihan lain yang dapat dipertimbangkan adalah sup ayam, sayur lodeh, bakso tahu, batagor, telur dadar, hingga serabi. Pastikan jumlahnya sesuai tamu undangan untuk mencegah kurangnya hidangan saat acara masih berlangsung.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog